• +62 21 351 4348
  • sekretariat@dppinsa.com

Sukses Digelar, Sea Indonesia akan Kembali Hadir pada 2025

Sukses Digelar, Sea Indonesia akan Kembali Hadir pada 2025

Sea Indonesia 2023, Pameran dan Seminar (Exhibition & Conference) bidang kemaritiman terbesar dan terlengkap di Indonesia resmi dibuka Direktur Jenderal PDSKP Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr. Budi Sulistyo M.Sc.

Dilaksanakan di Hall B1-B2, Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, event Sea Indonesia akan berlangsung selama tiga hari yakni pada 15 hingga 17 Mei 2023. Lebih dari 150 perusahaan yang berasal dari 28 sub-sektor dalam ekosistem maritim hadir menjadi peserta pameran Sea Indonesia. Tidak hanya berasal dari Indonesia, peserta pameran dan pengunjung juga berasal dari luar negeri antara lain China, Korea Selatan, Jepang, Singapura dan Malaysia.

Selain pameran, juga dilaksanakan seminar yang membahas isu-isu strategis. Di antaranya, Maritime Policy, Maritime Education and Research, Renewable Green Energy, Maritime Security, Maritime Enterprise dan Trade and Industri Association.

Turut hadir dalam pembukaan Johnson W. Sutjipto, Direktur Utama PT Kshatriya Piningit Kamulyan selaku Event Organizer dan Ferdianto Munir, Senior Vice President Bank Mandiri selaku main sponsor.

Direktur Jenderal PDSPKP Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr. Budi Sulistyo M.Sc memuji event Sea Indonesia. Melalui kegiatan pameran ini, akan terjadi pertukaran informasi tentang perkembangan teknologi terbaru di bidang kemaritiman yang dapat diakses para pelaku usaha di Indonesia. “Kami berharap juga terjadi kerjasama bisnis dan investasi,” katanya.

Sea Indonesia memiliki fitur unik dan menjadi satu-satunya yang tidak akan ditemukan di pameran lain. "Kami menyediakan lounge seluas 200 m2 di tengah venue pameran di mana kami berharap semua jaringan dan transaksi bisa dilakukan di sini. Semua yang diperlukan di bidang kemaritiman, ada di sini," kata dia.

Johnson W. Sutjipto, Direktur Utama PT Kshatriya Piningit Kamulyan selaku Event Organizer mengatakan jika pemilik kapal akan membangun kapal, tersedia arsitek angkutan laut untuk merancang.

Kemudian, badan klasifikasi untuk mensertifikasi, galangan kapal untuk membangun, pemasok untuk menyediakan semua yang dibutuhkan. Pada event ini, PT Bank Mandiri (Persero) menyediakan berbagai macam layanan jasa keuangan, termasuk pembiayaan di bidang kemaritiman.

Event ini akan dapat dimanfaatkan pengunjung untuk mengenal lebih jauh tentang pembiayaan kemaritiman yang disediakan Bank Mandiri. Ferdianto Munir, Senior Vice President Bank Mandiri mengatakan, keikutsertaan Bank Mandiri merupakan salah satu satu bentuk komitmen besar perseroan tersebut untuk turut serta menyukseskan visi pemerintah di bidang kelautan Indonesia.

Dia menjelaskan potensi kemaritiman Indonesia sangat besar, apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan Pemerintah memiliki tujuan untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros Maritim dunia. “Kita sudah membiayai sektor kemaritiman senilai lebih dari Rp 50 triliun,” katanya.

Komisaris PT Kshatriya Piningit Kamulyan Siana A. Surya menjelaskan latar belakang digelarnya Sea Indonesia yang sudah diinisiasi sejak 2019 dan baru terlaksana pada 2023 karena adanya faktor wabah Pandemi Covid-19.

Tujuan Sea Indonesia adalah untuk memfasilitasi berkumpulnya para pemangku kepentingan bidang maritim dalam maupun luar negeri serta memberikan ruang bagi perusahaan nasional untuk mengembangkan pasarnya.

Event ini menjadi kesempatan yang sangat baik untuk saling menjajaki kerja sama bisnis dan investasi. AJ

  • By admin
  • 11 Jun 2023
  • 440
  • INSA