• +62 21 351 4348
  • sekretariat@dppinsa.com

Sosialisasi Manfaat Asuransi Harus Ditingkatkan di Indonesia

Sosialisasi Manfaat Asuransi Harus Ditingkatkan di Indonesia

JAKARTA—Untuk meningkatkan pemahaman tentang manfaat asuransi bagi industri pelayaran di Indonesia, INSA menyelenggarakan Halfday Seminar Marine Insurance101 & Fast Breaking pada 5 Juni 2018 di Jakarta.

Seminar ini menghadirkan dua narasumber yang ahli di bidangnya yakni Oliver Miloschewsky, Head of Hull & Yacht, XL CATLIN dengan presentasi berjudul Marine Hull & Machinery Insurance”  dan Edward Atkins & Niccole Lian dengan presentasi berjudul The Standard Club, Introduction to P & I.”

Dalam paparannya, Oliver Miloschewsky menyampaikan  pentingnya asuransi bagi para pemilik kapal, cakupan asuransi terhadap kapal, manfaat perlindungan asuransi untuk kapal serta manfaat klaim asuransi yang dibayarkan.

Saat menutup presentasinya, Oliver mengatakan pemilik kapal harus memilih lembaga asuransi dengan bijak dan menjadikan perusahaan asuransi tersebut sebagai mitra yang tepat.

Sedangkan Edward Atkins & Niccole Lian  memperkenalkan P & I mulai dari profil P & I, aturan-aturan terkait dengan P & I Club, struktur  Club, grup P & I di dunia  serta risiko-risiko yang ditanggung oleh P & I Club.

Menurut  Nicole, P&I Club selama ini menanggung risiko-risiko tanggung jawab pada pihak ketiga yang timbul akibat pengoperasian kapal antara lain klaim atas cedera /sakit / kematian crew/ seseorang, tabrakan,  penghancuran rongsokan kapal,  terjadinya kerusakan pada objek tetap (Fixed Floating Object – FFO) di laut, polusi, kerusakan pada muatan atau  terjadi kekurangan kargo, denda dan sebagainya.

Adapun jenis klaim yang ditangani oleh P & I Club selama  tahun 2011 hingga 2017 meliputi klaim kargo (55%), personal lnjury (27%),  FFO (6%), fines (4%) collision (3%),  pollution (2%), DTH  (2%),  other(<1%),  wreck (<1%).

Ketua Umum INSA Johnson W. Sutjipto mengatakan INSA memberikan perhatian yang serius terhadap asuransi kapal karena sebagian besar pemilik maupun operator kapal di Indonesia belum memahami manfaat asuransi.

Johnson menjelaskan acara seminar asuransi kapal  dimaksudkan untuk mendorong anggota INSA agar memiliki perlindungan asuransi yang tepat. Sebab, dengan asuransi yang tepat, mereka akan terbantu untuk mengatasi konsekwensi yang muncul akibat terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan.

“Pemilik kapal juga akan memperoleh manfaat lainnya, terutama dari para ahli yang dimiliki oleh operator asuransi kapal untuk menyelesaikan dan menangani masalah klaim yang timbul,” katanya.

 

  • By admin
  • 10 Jul 2018
  • 95
  • INSA