• +62 21 351 4348
  • sekretariat@dppinsa.com

Hazmat, Face Shield dan Goggles Diterima Gubernur dan Walikota

Hazmat, Face Shield dan Goggles Diterima Gubernur dan Walikota

Jakarta—Indonesian National  Shipowners’ Association (INSA)  menyalurkan bantuan berupa  Baju Hazmat, Face Shield dan  Goggles bagi tenaga medis  Covid-19 di berbagai rumah sakit  rujukan yang tersebar di 29 kota  dan 36 rumah sakit dan  puskesmas di Indonesia melalui  Program Kemanusiaan INSA  CAFO (Creating Awareness For Others) 2020. Pemberian bantuan  tersebut dalam rangka  mendukung Pemerintah untuk  melawan wabah Covid-19 di  Indonesia.

Kota-kota tersebut adalah Banda  Aceh, Ambon, Banjarmasin,  Batam, Bekasi, Belitung,  Gorontalo, Jakarta, Jayapura,  Jambi, Kendari, Larantuka-  Flores, Lombok, Makassar,  Manado, Palu, Pangkal Pinang,  Palembang, Samarinda, Sambas,  Semarang, Padang, Tanjung  Balai Karimun, Lampung, Sorong,  Tanjung Pinang, Surabaya,  Ternate, Timika. Saat ini,  bantuan INSA telah menyasar  seluruh kota yang menjadi target  di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan program INSA  CAFO 2020 ternyata  memperoleh sambutan yang  positif di sejumlah daerah di  Indonesia, bahkan Kepala Daerah  seperti Gubernur Maluku Murad  Ismail dan Walikota Palu Hidayat  turun langsung menerima bantuan  dari INSA.

Gubernur Maluku Murad Ismail secara  khusus sangat mengapresiasi INSA  yang memberi bantuan APD kepada  Pemerintah Maluku berupa Baju  Hazmat, Face Shield dan Goggles. Bantuan itu akan digunakan oleh para  tenaga medis Covid-19 di sejumlah  rumah sakit di Maluku.

Di Maluku, bantuan diserahkan  langsung oleh perwakilan DPP  INSA Ronny Rambitan. “Puji  syukur, DPP INSA telah  membantu Pemerintah Provinsi  Maluku. Ini berkat Pak Ronny  Rambitan yang menghubungi  asosiasi ini di Jakarta sehingga  mereka memberikan bantuan  APD kepada kita,” kata Gubernur.

Menurut dia, para dokter dan  tenaga medis yang bertugas  menangani pasien Covid-19  sangat rentan tertular, sehingga  mereka harus diperhatikan dan  dilindungi secara optimal dengan  cara memberikan APD yang lebih  baik dan memadai.

"Saya berterima kasih kepada  DPP INSA yang sudah  membantu kami dalam melawan  Covid-19 berupa APD untuk  tenaga medis yang bertugas di  garda terdepan dalam  penanganan Covid-19 di Ambon  dan Maluku," katanya.

Setelah menerima bantuan,  Gubernur Maluku langsung  menyerahkan APD berupa Baju  Hazmat, Face Shield dan  Goggles tersebut kepada Ketua  Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19  Provinsi Maluku Kasrul Selang  dan meminta agar bantuan  tersebut segera didistribusikan ke  Rumah Sakit dan Puskesmas  rujukan Covid-19 di Maluku.

Apresiasi INSA

Sementara itu, Bendahara Umum  INSA Siana A. Surya  menyampaikan apresiasi atas  dukungan dan kerja sama semua  pihak, khususnya para pengurus  dan anggota INSA, Suka Rela  WAG TWC INSA, Ravino dan PAN  Union Shipping. Mereka bergande-  ngan tangan untuk mengumpulkan  donasi dalam rangka pengadaan  APD berupa Baju Hazmat, Face  Shield dan Goggles bagi tenaga  medis Covid-19 di Indonesia.

Siana menjelaskan sebagai warga  negara Indonesia yang baik, sudah  sepantasnyalah kita terpanggil  untuk berbakti dan berkontribusi  kepada negeri tercinta ini guna  mengurangi beban Pemerintah  dalam rangka menghadapi wabah  Covid-19.

Menurut dia, selama masa  pandemi Covid-19, semua negara terkena dampaknya, tidak terkecuali  Indonesia. Kegiatan bisnis juga ikut  terpukul, termasuk bisnis angkutan laut  nasional.

“Meskipun bisnis dalam kondisi sulit,  INSA sangat bersyukur karena masih  memperoleh dukungan sehingga dapat  mengumpulkan dana untuk program  kemanusiaan melawan Covid-19  melalui INSA CAFO 2020,” katanya.

Hingga 31 Mei 2020, dana yang  terkumpul melalui program INSA  CAFO 2020 untuk mendukung  Pemerintah melawan Covid-19  mencapai Rp 550.500.019 + 5100  SGD + 3500 USD (Equivalent Rp  651.550.019).

INSA CAFO.

INSA CAFO (Creating Awareness For  Others) adalah program kemanusiaan  yang dicetuskan sesuai dengan visi  dan misi INSA dan ditujukan untuk  membangkitkan kepedulian terhadap  sesama. Melalui INSA CAFO, INSA  menggugah kepedulian warga negara  Indonesia untuk berbagi dalam rangka  meringankan beban mereka yang  membutuhkan.

Sejak 2017, INSA aktif melaksanakan  kegiatan kemanusiaan untuk negeri  seperti menyalurkan bantuan untuk  korban banjir di Belitung berupa bahan  bangunan dan menyerahkan dua unit  rumah siap huni kepada korban banjir  di daerah itu.

Pada November 2017, melalui INSA  CAFO, INSA menggalang dana  kemanusiaan dengan mengetuk  kepedulian masyarakat agar saling  berbagi kepada bangsa dan negara,  termasuk kepada orang-orang yang  kurang beruntung.

Dana yang terkumpul dari program  INSA CAFO 2017 telah disumbangkan  kepada Pondok Pesantren Al Firdaus  di Sukabumi, Provinsi Jawa Barat,  Sekolah Tinggi Theologi Bethesda di  Bekasi, Provinsi Jawa Barat dan Panti  Asuhan Rumah Roslin di Kupang  Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pada tahun 2018, INSA telah  menyerahkan sumbangan  kemanusiaan kepada keluarga korban  bom di Kota Surabaya, Jawa Timur  melalui Yayasan Dharma Rangsi  sebagai wujud keprihatinan INSA  terhadap terjadinya peristiwa itu. (*)

  • By admin
  • 23 Jun 2020
  • 140
  • INSA