• +62 21 351 4348
  • sekretariat@dppinsa.com

Hari Pelaut Sedunia, INSA Kampanyekan Tagar #SeafarersAreKeyWorkers

Hari Pelaut Sedunia, INSA Kampanyekan Tagar #SeafarersAreKeyWorkers

Jakarta—Setiap  tahun pada tanggal 25 Juni, dunia merayakan Hari Pelaut atau Day of the Seafarers (DotS). Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) juga turut merayakan hari pelaut yang tahun ini merupakan hari jadinya yang ke-10 sejak pertama kali diterapkan oleh IMO (International Maritime Organization) pada Juni 2010. 

Setiap hari jadi Pelaut, INSA ikut mengkampanyekan apa yang menjadi tema IMO kepada komunitas maritim di Indonesia, terutama kepada anggota INSA.  INSA juga Ikut menyebarkan berita tentang pekerjaan pelaut yang luar biasa yang tidak pernah ada lelahnya di dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa. 

Tahun ini, sesuai dengan tema Hari Pelaut Sedunia yang ditetapkan IMO yakni Seafarers are Key Workers dimana IMO  menyerukan kepada Negara-negara Anggota untuk mengakui pelaut sebagai pekerja kunci sehingga negara anggota agar memberi mereka dukungan, bantuan kepada mereka selama masa pandemi Covid-19. 

Kampanye Pelaut Hari 2020 memberi penghormatan kepada seluruh pelaut di dunia, mengakui pengorbanan mereka dan membantu mengatasi masalah-masalah yang mereka hadapi. Banyak sekali pelaut-pelaut dunia yang telah berjauhan dari keluarga selama berbulan-bulan lamanya bahkan sebagian mereka tidak memiliki keyakinan lagi kapan mereka dapat kembali ke rumah akibat adanya  pembatasan perjalanan kapal di tengah pandemic Covid-19. 
Setiap orang diundang untuk mengakui bahwa kemampuan pelaut untuk mengirimkan barang-barang vital adalah penting untuk merespons, dan akhirnya mengatasi pandemi ini.

Oleh karena itu, kampanye ini mendorong setiap orang untuk memperlakukan pelaut dengan rasa hormat dan dengan cara yang martabat sehingga mereka dapat terus memberikan layanan utama untuk menjaga perdagangan dunia agar tetap bergerak.

Pada hari Pelaut 2020 ini, INSA turut mendorong dan mengkampanyekan kepada komunitas maritim Indonesia untuk mengakui bahwa Pelaut adalah pekerja kunci yang memegang peranan penting terhadap keberlangsungan kehidupan di muka bumi, terlebih lagi saat dunia berhadapan dengan wabah Covid 19.
Ketua Umum INSA Sugiman Layanto mengatakan pelaut berada di garis terdepan pandemi Covid-19 selain tenaga medis. Mengapa? Karena pelaut telah memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga arus barang-barang vital di planet ini, seperti makanan, obat-obatan, dan persediaan medis. 
Namun, krisis akibat Covid-19 telah menyebabkan kondisi kerja bagi pelaut menjadi lebih sulit karena mereka menghadapi ketidakpastian dan kesulitan untuk mendapatkan akses ke pelabuhan tujuan, pergantian awak kapal (crew change) bahkan pemulangan juga menjadi tidak pasti. 

Hal ini juga terjadi terhadap pelaut-pelaut yang bekerja pada kapal-kapal di Indonesia. Adapun tagar kampanye Hari Pelaut Sedunia 2020 adalah  #SeafarersAreKeyWorkers. “Kami mengundang seluruh anggota INSA untuk menyebarkan hal ini melalui media sosial. 
Hari Pelaut Sedunia pertama kali diperkenalkan pada Amandemen Manila bulan Juni 2010 yang mengadopsi revisi Konvensi STCW (Standards of Training, Certifi-cation and Watchkeeping for Seafarers) dan Kode terkait, di mana Konferensi Diplomatik sepakat bahwa kontribusi yang dibuat oleh para Pelaut untuk perdagangan internasional harus diakui dan diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pelaut Sedunia.

Tanggal 25 Juni yang dipilih sebagai Hari Pelaut Sedunia adalah hari di mana Amandemen tersebut secara resmi diadopsi. Hari Pelaut Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2011. Saat itu IMO memakai bentuk kampanye online dengan menggunakan jaringan media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Youtube.

Hadi Surya selaku Ketua Pengawas INSA mengatakan sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah pelaut terbesar di dunia dan kontribusinya  terhadap masyarakat, sudah sepantasnyalah untuk ikut dalam mengkampanyekan secara besar-besaran Hari Pelaut Sedunia setiap tahun.
Memberikan penghargaan dan penghormatan terhadap jasa pelaut dalam mendukung perekonomian Indonesia, bahkan dunia sangatlah penting agar para pelaut memperoleh apa yang seharusnya mereka dapatkan.  “Selamat Hari Pelaut Sedunia 2020,” katanya. (*)

  • By admin
  • 26 Jun 2020
  • 75
  • INSA